WWW.USBINOV.COMPiranti USB untuk PC, Laptop dan Raspberry Pi.

Mengontrol Relay Via USB Menggunakan USB-2REL

raspi_usb2rel_640USB-2REL adalah modul relay dengan antarmuka USB berbasis mikrokontroler AVR ATtiny2313. Modul ini memiliki 2 buah relay yang dapat dikontrol menggunakan Raspberry Pi melalui port USB. Modul dilengkapi dengan kabel data dan CD program yang berisi command-line tool versi Windows, Linux dan Linux-Arm (raspi).

Modul ini tidak menggunakan komponen konverter USB-to-RS232 seperti FTDI dan PL2303. USB-2REL menggunakan pustaka V-USB yang mengimplementasikan USB mode Low-Speed pada mikrokontroler AVR. Oleh karenanya pemrograman antarmukanya tidak menggunakan pemrograman serial/tty tapi menggunakan LibUSB.

LibUSB adalah library siap-pakai untuk melakukan komunikasi antara komputer dengan piranti USB. Pada sistem operasi Windows, library ini harus diinstal terlebih dahulu. Akan tetapi pada sistem operasi linux, library ini merupakan library wajib yang telah terinstalasi secara otomatis.

Pada eksperimen ini pengontrolan relay USB-2REL dilakukan dengan menggunakan command-line tool yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman C. Namun sebelumnya, ada baiknya kita cek dulu apakah library development LibUSB telah terinstalasi atau belum. Caranya jalankan program Aptitude dan browse pada bagian lib-devel. Berikut adalah tampilannya.

libusbdev

Jika paket libusb-dev dan libusb-1.0-0-dev belum terinstalasi, maka lakukan instalasi dengan perintah sudo apt-get install lib-usb dan sudo apt-get install libusb-1.0-0-dev.

Sebelum mencoba program kontrol USB-2REL, kita perlu pastikan juga apakah modul ini dikenali oleh sistem operasi ataukah tidak. Berikut adalah screenshot tampilan kernel message menggunakan perintah dmesg.

usb2rel_dmesg

Dan nampak dengan sangat indah pada screenshot di atas bahwasanya modul TELINKS-USB2REL dikenali oleh sistem operasi. Open-mouthed smile

Nah, selanjutnya kita dapat mencoba melakukan pengontrolan relay pada USB-2REL menggunakan command-line tool usb2rc. Program usb2rc dibuat menggunakan bahasa pemrograman C yang dikompilasi menggunakan kompiler GCC pada platform Linux-Arm.

usb2rc_raspi

usb2rc_raspi2

Pengontrolan relay USB-2REL bisa juga dilakukan menggunakan interpreter Python dengan bantuan modul PyUSB. Contoh skrip Python untuk pengontrolan USB-2REL tentunya akan kami tulis dalam judul tersendiri.

Selamat bereksperimen!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *