WWW.USBINOV.COMPiranti USB untuk PC, Laptop dan Raspberry Pi.

Membuat Data Logger Suhu Menggunakan USB-TC101

raspi_tc101_400

USB-TC101 adalah sebuah piranti USB yang dilengkapi dengan rangkaian sensor suhu LM35DZ dan rangkaian driver TRIAC. LM35DZ memiliki jangkauan pengukuran suhu antara 0-100°C, sedangkan driver TRIAC digunakan untuk mengontrol (ON/OFF) beban bertegangan AC220V.

Dengan menggunakan modul USB-TC101 kita dapat mengukur suhu dan mengontrol beban seperti pemanas atau kipas angin. Oleh karenanya dengan modul ini kita bisa membuat program sistem kontrol suhu pada Raspberry Pi.

USB-TC101 dapat diakses menggunakan library LibUSB. Modul USB-TC101 dapat langsung dikenali oleh sistem operasi Raspian karena driver LibUSB telah terinstalasi sebagai paket bawaan. Pada Windows driver LibUSB harus diinstal secara manual.

Modul USB-TC101 dilengkapi dengan command-line tool untuk mengakses piranti tersebut secara console. Nama program utilitas tersebut adalah usbtc101c. Program ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman C. Berikut adalah cuplikan kode program usbtc101c.

usbtc101c_c1

usbtc101c_c2

Program USBTC101C.C dikompilasi menggunakan GCC versi 4.6.3 dengan kelengkapan paket pustaka libusb-dev dan libusb-1.0-0-dev. Dan karena program akan mengakses perangkat keras sistem, maka program usbtc101c harus dipanggil menggunakan akses superuser dengan perintah sudo. Berikut adalah screenshot-nya.

usbtc101_console

usbtc101c juga dilengkapi fasilitas untuk mengontrol driver TRIAC pada modul USB-TC101. Untuk mengaktifkan driver TRIAC digunakan perintah OUTPUT dan untuk mematikan driver TRIAC digunakan parameter output.

Data Logger Suhu Sederhana

Agar semakin menarik, kita akan membuat data logger suhu sederhana menggunakan Shell. Skrip data logger nantinya akan menampilkan data waktu dan suhu ke layar console setiap 5 detik. Selain menampilkan ke console, skrip juga menuliskan data ke sebuah file suhu.log dengan format file CSV. Nah, berikut adalah skrip data logger suhu sederhana.

logsuhu_skrip

Sederhana, bukan? Open-mouthed smile

Setelah file skrip loggersuhu.sh selesai ditulis, ubah atribut file menjadi executable dengan perintah chmod +x loggersuhu.sh. Selanjutnya kita bisa memanggil skrip ./loggersuhu.sh dan data logger suhu sederhana pun akan menampilkan dan menyimpan data waktu dan suhu hingga user menekan tombol break (CTRL+C).

Berikut adalah screenshot tampilan data logger pada layar console dan tampilan file suhu.log yang dihasilkan.

logsuhu_console

logsuhu_file

Dari eksperimen ini dapat saya simpulkan bahwa modul USB-TC101 sangat mudah digunakan untuk melakukan pengukuran suhu. Pada eksperimen selanjutnya akan saya tunjukkan bagaimana membuat sistem pengontrol suhu menggunakan modul USB-TC101.

Semoga bermanfaat dan selamat berkarya!

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *